HIJRI DAN MASEHI


SEMOGA PERSEMBAHAN INI BERMANFAAT & DI RIDOI ALLAH

Friday, October 19, 2012

HARI RAYA QURBAN (IDUL-ADHA) ADALAH: AJAKAN MEMBUNUH SIFAT-SIFAT KEBINATANGAN KITA






                 HARI RAYA QURBAN (IDUL-ADHA) ADALAH:
            AJAKAN MEMBUNUH SIFAT-SIFAT KEBINATANGAN

Hari raya Kurbana (Idul-Adha) yang insyaAlloh Jum,at depan akan kita laksanakan,   sangat erat hubungannya dengan pelaksanaan ibadah haji,  yang dalam pelaksanaannya  berkaitan erat dengan kisah nabi Ibrahim as.
Nabi Ibrahim adalah seorang nabi  yang sangat diagungkan oleh agama-agama samawi, bahkan diantara persamaan antara Islam, Kristen dan Yahudi adalah: sama-sama mengakui (beriman) kepada nabi Ibrahim AS.

Kesediaan nabi Ibrahim mengorbankan putranya Ismail yang sangat disayanginya, karena Allah semata, inilah sebabnya ketiga agama samawi ini meng agung-agungkan nabi Ibrahim AS.
Manusia telah mengenal Korban sejak dulu, bahkan sejak putra-putra pertama Adam,Qobil dan Habil.

Hadirin kaum muslimin……….
Dulu pada masa nabi Ibrahim dan sebelumnya, manusia tidak sedikit yang menjadikan manusia sebagai korban untuk sesajen dan diserahkan kepada tuhan-tuhan, dewa-dewa atau hantu belau yang mereka sembah.

Seperti tradisi yang dilakukan di Mesir, gadis tercantik dipersembahkan kepada dewi sungai Nil.  Begitu juga di Irak, bayi-bayi di persembahkan kepada dewa-dewa. Dan di Mexico para suku Aztec menyerahkan jantung dan darah manusia kepada dewa Matahari. Dan masih banyak lagi manusia-manusia yang mengorbankan manusia untuk kesaktian dan ilmu-ilmu hitam.

Nabi Ibrahim AS telah merubah pemikiran manusia tentang korban-korban yang berupa manusia. Sebagian manusia ada yang mempertahankan, bahkan sampai sekarang, dan sebagian manusia ada yang beranggapan bahwa manusia itu terlalu mulia dan tinggi nilainya untuk dikorbankan kepada zat yang disembah.  Disinilah ajaran yang dibawa oleh nabi Ibrahim memberi jalan keluar dan menyelamatkan manusia yang memuaskan semua pihak.

Nabi Ibrahim di perintahkan oleh Allah swt melalui suatu mimpi, untuk menyembelih anaknya sebagai  bukti bahwa anak yang sangat disayang, jiwa dan buah hati yang paling berharga di sisi seseorang, bukanlah sesuatu yang berarti, jika Allah telah meminta.  Tidak ada sesuatu yang dapat di nilai tinggi jika dihadapkan dengan perintah Allah swt.

Kisah  nabi Ibrahim ini, bukan berarti, mempertahankan tradisi pengorbanan  yang  berbentuk  manusia,  karena setelah pisau digerakkan  untuk menyembelih sang anak sebagai korban, tiba-tiba Allah menggantinya dengan seekor domba. Hal ini sekali gus memberi isyarat,   bahwa Allah sedemikian kasih kepada manusia, sehingga korban manusiapun  tidak diperkenankan.

Dalam kehidupan kita pada abad moderen ini, nilai-nilai peristiwa korban nabi Ibrahim tersebut sering terlupakan. Fakta membuktikan  masih  banyak praktek yang mengarah kepada mengorbankan manusia walaupun untuk mencapai  tujuan-tujuan yang tidak luhur. Bahkan kadang sangat keji, hanya semata-mata memenuhi ambisi  dan kerakusan untuk mempertahankan  posisi dan kedudukan.

Hadirin kaum muslimin jamaah jum,at rohimakumulloh……..
Peristiwa-peristiwa yang dialami nabi Ibrahim AS,  yang puncaknya dirayakan sebagai Idul-Adha atau Hari raya Korban,  harus mampu mengingatkan kita, bahwa yang dikorbankan tidak boleh manusia, tetapi justru sipat-sipat kebinatangan yang ada dalam diri  manusia, seperti rakus, ambisi yang tak terkendali, menindas, menekan dan menyerang, dan tidak mengenal hukum dan akibat yang akan terjadi di akhirat. 

Sipat-sipat yang demikain itulah  yang seharusnya di bunuh, di tiadakan  dan dijadikan korban demi mencapai Qurban (kedekatan ) diri  kepada Allah swt.    Itulah sebabnya Allah mengingatkan kita  bahwa:  Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai ( keridoan ) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Sesuai dengan Firman Allah dalam suroh Al-haj ayat 37  yang bunyinya:
.....................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Semoga   dengan  berkat       khutbah  ini, kiranya  dapat bermamfaat  bagi kita semua dan menambah  ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah swt

No comments:

# world-ATLAS # (NaMangunjungi Website oN)

Country Visitor

   

R A N K

blog-indonesia.com

FEEDJIT Live Traffic Feed

Labels / Kategori

ALWIN TANJUNG

ALWIN TANJUNG
E-mail: alwintanjung@yahoo.com

CALENDAR

TGL H&M(MELIHAT FullMoon)

PRAYER TIMES - JKT

Apapun yg terjdi adalah ..................


ISLAMIC WEB

all of u r welcome

SunSet

SunSet
Mata tenggelam

Prkuburan Ma'la-Makkah

Prkuburan Ma'la-Makkah

PENGUNJUNG-Visitors 4 Alwin Site

Flag Counter

PENGUNJUNG-TAMU MULAI TGL 29-12-2013

Flag Counter